Selasa, 16 Juli 2013

Sampai Kapan Android Mendominasi Pasar OS Dunia?

Sistem operasi Android dan iOS dari Apple memang sedang sangat dominan. Tidak tanggung-tanggung, dua OS tersebut menguasai 92% industri smartphone dunia di kuartal IV 2012.
Itulah data yang dikeluarkan oleh biro riset Strategy Analytics. Menurut catatan mereka, sebanyak 217 juta ponsel cerdas dikapalkan di kuartal IV 2012. Nah, 92% di antaranya memakai Android atau iOS.
Android sangat mendominasi dengan market share 70%. Adapun iOS mempunyai pangsa pasar 22%. Sehingga ruang yang tersisa untuk OS lain hanya 7,9%. Secara keseluruhan di tahun 2012, sebanyak 700 juta unit smartphone dikapalkan. Naik dari angka 490 juta di tahun 2011.
“Hampir setengah miliar smartphone Android dikapalkan secara total selama tahun 2012. Android secara jelas adalah pemimpin dalam hal volume penjualan di industri smartphone saat ini,” tutur Neil Mawston, executive director Strategy Analytics
Berdasarkan laporan penjualan kuarter ketiga yang dirilis hari Rabu kemarin, diketahui bahwa hampir 3/4 smartphone di dunia menjalankan OS Android.

Android saat ini mendominasi 72,4% pasar smartphone, menjadi OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tahun sebelumnya, Android hanya menguasai 52,5% saja.  Samsung dianggap memberikan kontribusi yang cukup besar dalam peningkatan tersebut, dengan menjual 55 juta smartphone pada kuarter yang sama, di mana smartphone Samsung menggunakan OS Android.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar