Rabu, 05 Juni 2013

Kasus Perbudakan Buruh

Kasus penyekapan buruh pabrik kuali di Sepatan, Tangerang, Banten beberapa waktu lalu boleh jadi hanya satu contoh dari banyak kejadian serupa.

"Kejadian ini sungguh sangat memprihatinkan. Saya juga khawatir jangan-jangan hal seperti ini masih banyak terjadi di daerah lain," ujar Noriyu, sapaan akrabnya.

Ia miris mendengar keterangan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR, Selasa (14/5). Ahmed Zaki kecolongan peristiwa penyekapan itu dan makin kaget begitu mengetahui pabrik tersebut tidak punya izin alias ilegal.

"Tenaga pengawas yang ada di wilayah kami hanya 15 orang, tetapi memiliki tugas untuk mengawasi sekitar 5.000 perusahaan," keluhnya.

Noriyu mengapresiasi langkah Pemkab Tangerang untuk menuntaskan kasus itu. Ia juga mengacungi jempol buat instansi kesehatan yang sudah memberikan pelayanan kesehatan bagi korban. Namun, ia berharap Pemkab tidak melupakan aspek kesehatan jiwa para korban penyekapan.

"Tragedi penyekapan seperti itu jelas akan menimbulkan trauma yang mendalam baik bagi para korban maupun bagi para keluarga korban. Oleh karena itu saya meminta Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memberikan pendampingan kepada mereka, sehingga mereka bisa pulih dan melanjutkan kehidupannya kembali," ujar Noriyu, Rabu (15/5).

Sumber: http://www.jurnalparlemen.com/view/3199/kasus-perbudakan-dikhawatirkan-banyak-terjadi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar